FENOMENA “CANDU” GADGET PADA MAHASISWA



Gadget , smartphone , ipad dll merupakan kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kita mengucapkan berkali-kali setiap harinya. Bahkan mereka (Gadget , smartphone , ipad) merupakan trend bagi semua kalangan. Semua kalangan dari anak kecil sampai dewasa menggunakannya. Bahkan seringkali kita dibilang kudet (kurang update) jika kita tidak memiliki gadget. Aneh bukan ? Padahal dulu sebelum adanya gadget , kita pun juga bisa berkomunikasi dengan orang lain , kita juga tetap bisa mengetahui informasi yang ada. Namun, semenjak munculnya gadget kita menjadi seolah-olah tidak bisa hidup tanpa gadget. Sebelum mengulik lebih jauh alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa itu gadget , gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.
            Menarik memang jika kita mengulas tentang gadget , karena semua orang pasti sudah tahu bagaiaman kecanggihan gadget sebagai piranti yang selama ini dapat memantu manusia dalam menjalankan segala aktifitas. Namun, dibalik kecanggihan dan kelebihan yang begitu luar biasa , gadget juga menyisakan “candu” bagi penggunanya. Ya , yang namanya kecanduan terhadap gadget merupakan hal yang tidak baik. Tanpa gadget hidup terasa hampa. Apa iya sih? Ketinggalan hape aja orang bisa stress setengah mati. Nggak bisa bbm-anlah, nggak bisa chattinglah, nggak bisa eksislah, betelah. Pokoknya banyak alasan yang dikemukakan orang ketika tidak sedang berada “dekat” dengan gadget kesayangannya. Tapi ketika sedang “menyanding” gadget, bukan hal-hal yang penting yang dilakukan orang. Coba saja amati di sekitar kita. Di airport, di terminal, bahkan di angkutan umum sekalipun, berapa orang yang benar-benar memfungsikan gadgetnya dengan optimal. Yang ada justru kita lihat manusia-manusia yang “asyik” dengan dunianya sendiri. Cuek dengan keadaan sekitar. Bahkan tak jarang terlihat mahasiswa yang wara-wiri di kampus yang senyum-senyum sendiri melihat gadget mereka. Dimanapun dan kapanpun gadget selalu ada di genggaman mereka.
            Update informasi memang penting khususnya bagi mahasiwa , tapi jika kecanduan gadget untuk sesuatu yang tidak perlu memang tidak bisa dianggap wajar. Dikarenakan gadget sebagai barang elektronik yang mempunyai radiasi yang sangat berbahaya bagi tubuh juga merupakan ancaman tersendiri bagi kesehatan. Karena menurut penelitian baru-baru ini ada mahasiswa yang tangannya terbakar akibat mencharge gadget nya ketika tidur. Miris bukan melihat semua itu. Tentunya, kita tidak ingin semua itu terjadi. Gadget yang seharusnya menjadi barang yang bermanfaat bagi mahasiswa khususnya untuk menunjang kegiatan perkuliahan justru menjadi barang yang berbahaya jika kita salah menggunakannya. Gadget juga tak selamanya memberikan keuntungan , bahkan tak jarang juga membawa kerugian. Selain radiasi yang berbahaya bagi kesehatan , gadget juga bisa membuat kita boros. Khususnya bagi mahasiswa yang menjadi anak kos , tentunya uang meruakan hal berarti , namun tak jarang mereka mengeluarkan banyak uang nya hanya untuk membeli pulsa untuk gadget mereka. So, jatah uang mereka pun alhasil jadi berkurang. Sudah jelas bukan , gadget memang barang dengan sejuta kelebihan namun juga menyimpan keriguan yang banyak jika kita salah menggunakannya.
            Terakhir di artikel ini , sedikit akan dibagikan tips agar tidak kecanduan gadget khususnya bagi mahasiswa :
a.       Gunakan gadget hanya untuk hal-hal yang penting, seperti komunikasi dan mencari informasi.
b.      Letakkan gadget jauh dari tempat tidur.
c.       Batasi pengeluaran untuk isi ulang pulsa paket internet di gadget.
d.      Biasakan untuk berkomunikasi dengan orang lain daripada melihat notifikasi di gadget kita

Nah , itu dia sedikit tips, dan beberapa hal yang tidak baik tentang bahaya kecanduan gadget. Lakukan pencegahan sebelum kecanduan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar